Kamis, 05 Februari 2009

INDAHNYA KUTAI KERTANEGARA









AIR TERJUN JANTUR INAR
KUTAI KALTIM



Kutai Kartanegara (Tenggarong) bisa ditempuh dengan pesawat yang akan turun di Bandara Sepinggan Balikpapan, sedangkan dari Sepinggan ke Samarinda bisa ditempuh melalui jalur darat kurang lebih 3 jam, sedangkan Samarinda Tenggarong bisa ditempuh dalam waktu 30 menit, baik jakur darat maupun lewat sungai.
Keunggulan kota ini adalah keindahan alam tropis yang masih alami lengkap dengan berbagi jenis faunanya dan ini merupaka asset ekowisata yang luar biasa. Di kota ini disamping meninkimati keindahan alam tropis juga bisa menyeberang jembatan tajuk/canopy bridge yang melintas dari pohon-pohon besar.
Keunggulan lain dari kota ini adalah alur sungai Mahakam yang memiliki tebing curam yang sangat menarik wisatawan. Disungai ini pula terdapat mamalia air yang sangat terkenal yaitu ikan pesut dan lumba-lumba air tawar. Sementara itu di beberapa bagian hutan tropis yang sangat lebat, bergelantungan bekantan, monyet berhidung mancung serta ular sambil melambai-melambai kepada pengunjung.
Disamping keindhan alamnya, kota ini memiliki dua kebudayaan yang sangat unik yaitu bdaya Kutai Kertanegara sebagai pewaris dari kerajaan tertua di Indonesia dan budaya suku Dayak yang hampir punah. Kekayaan budaya Dayak bisa dilihat dari berbagai ragam kesenian seperti alat music, tarian maupun kerajinan tangan. Mereka tinggal si LAMIN, Yaitu rumah panjang yang berdiri di atas panggung. Rumah kayu tersebut bisa dihuni oleh 50 sampai 100 kepala keluarga. Para penghuninya adalah keluarga besar yang dikepalai oleh seorang pemimpin yang disebut TUAI RUMAH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar